Jumat, 17 Oktober 2014

       E commerce merupakan suatu sistem yang membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan dalam hal transaksi berupa barang dan jasa yang dipromosikan di dunia maya. E commerce dewasa ini menjadi  suatu kebutuhan mendasar dalam membantu promosi dalam perniagaan. Hal ini berkembang sesuai dengan tuntuan zaman yang menuntut manusia untuk mempercepat gerakannya dalam merubah taraf hidup masing-masing,dan Ecommerce hadir menjadi solusi tercepat untuk membantu masalah manusia.
        
       E commerce dan hal lain timbul dari dasar permasalahan manusia,intinya setiap kemajuan yang kita rasa sekarang buah dari pemecahan masalah di masa lampau,banyak evolusi menuju kesempurnaan dan E commerce bagian dari evolusi menuju titik sempurna dalam ukuran manusia dan akan tetap berkembang.
        
       Menjamurnya situs jual beli online didasari keinginan manusia yang sebagian ingin belanja atau melakukan transaksi tanpa harus keluar rumah,panas-panasan atau mengantri di pusat perbelanjaan. Hal itu lah yang mendasari hadirnya situs jual beli online,baik hanya sebagai penyedia barang,perantara,atau hanya memamerkan katalog lalu setelah ada yang pesan baru dibeli di distributor barang tersebut dan mengambil selisih harga dari pasaran. Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak Situs Jual beli online atau sekedar membuat Forum Jual Beli (FJB) untuk membantu memasarkan produk member FJB tersebut.
       
       FJB sendiri didirikan didalam suatu situs komunitas yang bertujuan menyatukan orang dalam satu wadah yang sama di dunia maya,FJB mengakomodir setiap membernya untuk melakukan aktifitas transaksi jual beli dalam berbagai hal baik legal maupun ilegal,untuk barang ilegal si penyedia FJB tidak bertanggung jawab penuh atas barang atau jasa yang dipromosikan di FJB.
       
       

      Dalam hal ini E Commerce juga turut berperan aktif dalam membantu kemajuan Ekonomi Kreatif di Indonesia pada khususnya,semua produk asli indonesia satu persatu mulai terkenal di Mancanegara,dan kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi,menjadikannya Produk berkualitas tinggi dan tidak kalah dengan nama nama besar dibidang yang serupa. Dan E commerce pun di manfaatkan betul oleh para pengusaha kelas kecil menengah untuk menjual barang hasil produksinya di Dunia Maya,yang berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia,bayangkan jika 1 orang saja mempunyai usaha kecil dan mampu merekrut 4 orang disekitar wilayahnya saja,maka pengangguran dapat teratasi,namun tanpa bantuan pemerintah hal itu akan sulit tercapai dengan gempuran produk asing ke dalam negeri.
       
       

Sejatinya,perekonomian Indonesia sudah mulai membaik dengan banyak usaha-usaha kreatif dengan membuat suatu wadah atau persatuan untuk membantu sesama anggota dalam mengembangkan usahanya dalam bisnis tersebut yang sedang ditekuni,mungkin kecil dan karyawan tidak banyak cuma jangan lihat dari kecilnya tapi lihat bagaimana sumbangsih para pengusaha pengusaha tersebut dalam mengentaskan pengangguran yang berkelanjutan untuk membangun perekonomian yang lebih baik didalam negeri.
       
      Dengan program 1 daerah 1 produk unggulan dapat meningkatkan taraf hidup dan menguatkan peta persaingan dalam usaha kreatif di pasar global maupun Lokal,jadilah tuan di tanah sendiri,berhenti menjadi kacung dengan memohon pekerjaan kepada perusahaan asing,manfaatkan E commerce adalah pilihan bijak dalam membangun bangsa dengan cepat di bidang Perniagaan.

0 komentar:

Posting Komentar